Perbedaan Antara Novel Light Novel Web Novel Dan Lainnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Kamu sudah tau novel? pasti tentu kamu tau. Setiap ke toko buku besar pasti ada sebuah rak buku yang berisikan novel. Namun kalau dilihat di internet apalagi penggemar anime pasti tau dengan istilah Light Novel dan Web Novel. Jadi apa itu? Yuk kita bahas dengan mudah perbedaan dasarnya.

Apa Itu Novel?

Novel adalah karya cerita fiksi berbentuk tulisan dan terkadang bisa juga kisah nyata sang pengarang namun kisah nyata tidak benar – benar nyata terkadang ditambahkan bumbu penyedap agar cerita lebih seru.

Karya novel biasanya tidak memiliki series dan memiliki panjang 40.000 kata hingga 100.000 kata. Karya novel ditujukan untuk pasar usia 18 tahun hingga lanjut usia.

Apa Itu Light Novel?

Light Novel atau Novel Ringan adalah karya cerita fiksi yang berbentuk tulisan dengan tambahan gambar ilustrasi didalamnya.

Add friend

Gambar ilustrasi didalamnya biasanya terdiri dari 3 hingga 20 gambar yang menjelaskan suatu adegan atau ekspresi, agar pembaca lebih mudah untuk memahami kondisi dalam cerita tersebut.

Karya novel ringan biasanya memiliki series. Panjang katanya adalah 40.000 kata hingga 50.000 kata. Karya novel ringan biasanya ditujukan untuk pasar usia 13 tahun hingga 20 tahun namun minat pada novel ringin cukup tinggi kalangan diatas usia 20 tahun juga dapat menikmatinya.

Arti Volume Dalam Light Novel?

Kamu sering baca – baca cerita pasti mendengar kata – kata volume setiap membaca novel ringan, jadi apa itu?

Volume bisa kamu artikan sebagai edisi atau jilid. Volume dalam novel ringan adalah suatu kumpulan bab atau chapter yang dijadikan satu dan menjadi sebuah serial cerita. Volume sendiri biasanya juga dipakai sebagai pemisah konflik.

Apa Itu Web Novel?

Sepertinya Web yang berarti website itu artinya Web Novel merupakan sebuah karya yang hanya rilis secara digital seperti di suatu platform atau website contohnya seperti Wattpad, Webnovel, Noveltoon, Karya Karsa dan banyak lainnya. Web Novel adalah tingkatan rendah dari novel ringan. Web Novel dirilis per-bab yang nanti akan menjadi sebuah serial novel ringan.

Per-bab dari Web Novel terdiri dari 1.000 hingga 2.000 kata. Lalu pasar usianya ditujukan untuk berbagai umur tergantung dari pengarangnya.

Apakah Web Novel Bisa Jadi Light Novel?

Ya dan Tidak, tergantung kondisi pertimbangan penerbit. Menjadikan serial novel ringan maka akan dibuat versi cetak sedangkan Web Novel biasanya dapat dibaca gratis. Maka dari itu pertimbangan Web Novel menjadi sebuah buku cetak Light Novel bukan hal yang mudah.

Pikirkan saja logikanya, jika kamu sudah membaca yang gratis di Web Novel apakah kamu akan membeli yang versi buku cetak walau hanya menambahkan gambar ilustrasi,ekstra cerita, atau lainnya?

Jadi kemungkinan Web Novel memiliki serial Novel Ringan lumayan rendah walau pembacanya banyak, namun kemungkinan diadaptasi ke bentuk lain seperti manga adalah tinggi.

Apa Itu Novel Pendek?

Selain 3 diatas ada istilah lainnya salah satunya novel pendek, jadi apa itu?

Novel Pendek adalah versi kecil dari Novel. Biasanya jumlah halamannya setengah dari Novel. Jumlah katanya berkisar 10.000 kata hingga 40.000 kata.

Jika dilihat dalam kategori Web Novel makanya jumlah babnya berkisar kurang dari 20 bab hingga 100 bab.

Apa Itu Cerpen atau Novel Cerita Pendek?

Istilah lainnya dari sebuah karya tulis cerita adalah cerita pendek atau kita kenal Cerpen. Jadi apa bedanya sama yang lainnya?

Cerpen merupakan versi lebih ringkas lagi dari novel pendek dan bisa setengah halaman lebih ringkas dari novel pendek.

Cerpen berjumlah 1.000 kata hingga 10.000 kata. Tidak boleh lebih dari 10.000 kata, karna itu adalah batas maksimal dari kategorinya. Jika dalam hitungan Web Novel itu akan kurang dari 20 bab.


Itulah istilah karya cerita dalam tulisan, apakah ini bermafaat? semoga begitu. Temukan informasi pengetahuan lainnya disini hanya di MangaList.

Share.