Review Cities Skylines Game Simulasi Membangun Kota Terbaik Dengan Komunitas Mod Yang Luar Biasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


MangaList – Cities: Skylines adalah game simulasi membangun kota yang dirilis pada 10 Maret 2015 oleh developer Colossal Order Ltd. dan publisher Paradox Interactive. Berikut ini adalah review lengkap tentang Cities: Skylines yang mencakup grafis, musik, gameplay, dan komunitas MOD/Workshop.

Grafis yang Cukup Bagus

Untuk game bertema city builder yang dirilis pada 2015 ini hingga 2023 ini, grafis Cities: Skylines cukup bagus, meski tidak bisa dibilang luar biasa. Hal ini membuat game ini tetap menarik dan cukup enak dilihat saat kita membangun kota.

Musik yang Menenangkan

Musik dalam game ini cukup natural dan menenangkan. Terdapat radio musik dalam gameplay yang bisa kamu dengarkan, dan jika kamu membeli DLC radio, akan ada lebih banyak pilihan musik seperti jazz, rock, dan lainnya yang bisa menambah kenyamanan saat bermain.

Gameplay yang Realistis dan Menantang

Seperti namanya, Cities: Skylines adalah game membangun kota, yang mengharuskan kamu untuk mempelajari berbagai aspek mulai dari manajemen tata letak bangunan, jalanan, geografi, hingga keuangan. Game ini sangat realistis dan menantang, sehingga kamu harus benar-benar hati-hati dalam membangun kota.

Add friend

Komunitas MOD/Workshop yang Aktif

Game ini juga memiliki komunitas MOD/Workshop yang aktif, yang menyediakan banyak sekali MOD dan asset bangunan, kendaraan, hingga kostum warga. Hal ini membuat game ini semakin menarik dan variatif.

Pengalaman Pribadi yang Memuaskan

Dari pengalaman bermain selama hampir 500 jam, game ini sangat memuaskan dan cocok untuk permainan santai. Adanya mode sandbox memungkinkan kamu untuk lebih santai dan hanya fokus pada pembangunan wilayah tanpa harus memikirkan keuangan. Dengan bantuan workshop, kamu bisa menciptakan desain kota yang indah buatanmu dan membagikannya kepada orang lain. Bahkan kamu akan ingin sekali memfotonya dan membagikannya.

Gambar gameplay dari kota yang saya buatan saya
Gambar gameplay dari kota buatan saya

Kekurangan: Jumlah DLC yang Banyak

Salah satu kekurangan game ini adalah jumlah DLC-nya yang banyak dan beberapa di antaranya seharusnya sudah ada dalam game dasar, seperti DLC After Dark dan DLC Snowfall. DLC yang terlalu akan selalu menjadi pemandangan buruk bagi para gamers, karna developer atau publisher dianggap terlalu mencari duit.

Meski begitu, developer tetap rajin dalam membuat DLC utama yang berhubungan langsung dengan manajemen pengembangan kota, seperti Industries, Airport, Parklife, Green Cities, dan DLC mendatang Hotel & Retreats.

Walau terlihat buruk, bahkan bagi saya sendiri tapi tetap ini membukti bahwa DLC tersebut dibuat karna butuhnya biaya tambahan untuk pengembangan detail game yang bukan cuma – cuma asal dibuat untuk mencari keuntungan saja.

Nilai Plus: Developer Mendukung Penuh Modder

Nilai lebih dari game ini adalah sang pengembang sangat menghargai MOD dan aset kostum yang dibuat oleh para pemainnya. Bahkan pengembang akan merekomendasikan MOD tersebut kepada pemainnya untuk digunakan karena akan mempermudah dalam membuat kreativitas kota, membantu membangun kota, hingga memperindah kota. Bukan hanya sampai di situ saja, ada kalanya aset kostum atau mod buatan pemain yang benar-benar bagus akan dijadikan DLC resmi berbayar oleh pengembang. Ini membukti bahwa Developer sangat menghargai para pemainnya. Berikut dibawah ini 2 videonya diantara banyak lainnya:

Trailer Resmi DLC Modder

Panduan Modder

Trailer

Share.