Xuse, Developer VN Eien no Aselia Resmi Menutup Operasinya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Developer novel visual Xuse umumkan berakhirnya operasi mereka pada hari Minggu (30/05). Informasi ini diumumkan langsung di akun Twitter resmi mereka. Yousuke Yoshida sebagai perwakilan perusahaan juga memberikan informasi terbaru terkait pengembangan game lainnya. Naofumi Takase sebagai rekanan dari Xuse juga memberikan informasi mengenai hak cipta karya.

Twit yang telah dipublikasi:

Pengumuman Penutupan Xuse

Terima kasih atas dukungan anda terhadap perusahaan kami.

Kami ingin melaporkan bahwa Xeus Co., Ltd. telah menutup bisnisnya. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dan berlangganan dengan kami, begitu juga dengan semuanya yang telah terlibat dalam proses produksi.

30 Mei 2021,
Perwakilan Xeus, Yousuke Yoshida

Dalam lanjutan twitnya, Yoshida mengumumkan bahwa dirinya masih terlibat dalam proses produksi game “NO GAME NO LIFE“.

Twit dari Naofumi Takase, desainer game “Eien no Aselia“:

Hak cipta dari seri “Eien no Aselia” seperti “Eien Shinken” telah dialihkan kepada (Naofumi) Takase dari Xuse. Terima kasih.

Naofumi juga memberikan ucapan terima kasih kepada Xuse karena telah melibatkannya dalam produksi serial “Eien no Aselia”.

Perusahaan didirikan pada tahun 1987 menggunakan nama Use di bawah entitas Use Co., Ltd. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan game komputer untuk keluarga. Setelah 11 tahun bergerak, nama Use kemudian berubah menjadi Xuse dikarenakan kebijakan pengembangan dari game semua umur menjadi game dewasa. Penambahan huruf X juga berhubungan dengan perubahan tersebut.

Game berformat novel visual pertama yang dirilis Xuse berjudul “Girl Doll Toy ~Tamashii o Kudasai~” pada 23 Desember 1998. Game ini dapat dimainkan pada platform Sega Saturn. Game keenam mereka, “Kojin Taxi” diluncurkan untuk platform Windows pada 20 November 2000. Game bertajuk novel visual ini juga mendapatkan sekuel di tahun berikutnya. Adaptasi anime berformat hentai-nya juga telah diproduksi oleh Studio Jam dan dirilis pada Mei 2002.

Di tahun 2003, Xuse merilis novel visual “Shino-sensei no Yuuwaku Jugyou” dan “Eien no Aselia -The Spirit of Eternity Sword-“. Kedua judul juga telah mendapatkan adaptasi anime berformat OVA. Judul pertama diproduksi oleh studio Frontline, sementara judul kedua oleh Studio Matrix. Judul kedua ini juga mendapatkan terjemahan bahasa Inggris oleh JAST Densetsu (saat ini bernama JAST USA). Versi Steam judul tersebut telah dirilis pada 3 November 2011.

Nama Xuse juga kian populer karena karya ke-19 mereka, “Saihate no Ima” yang dirilis pada 12 Agustus 2005. Sebelum menutup operasinya pada Mei 2021, Xuse telah merilis novel visual “Kami-sama no Game -Kankinsareta 6nin no Danjo-” pada 27 Januari 2017.

Seri “Eien no Aselia” juga mendapatkan dua sekuel novel visual terbarunya. Sekuel berikuntya yang berjudul “Shin’yaku Eien no Aselia -The Spirit of Eternity Sword-” juga tengah dalam produksi.

Sumber: Xuse Twitter, Naofumi Takase Twitter



Share.