Influencer yang Menyerukan Boikot Mushoku Tensei Akhirnya Diberi Sanksi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Kemarin, platform BiliBili mengumumkan kalau mereka telag menghapus adaptasi anime berdasarkan light novel Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation dari daftar siarannya, dengan alasan “masalah teknis telah muncul memaksa mereka untuk menarik serial tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan.”

Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa alasan sebenarnya adalah karena seorang streamer sekaligus influencer Tiongkok bernama Lex Burner yang telah menghasut para pengikutnya untuk melaporkan Mushoku Tensei sebagai anime berkualitas buruk di platform BiliBili.

“Ini adalah anime yang hanya disukai oleh orang miskin karena mereka merasa diidentikkan dengan protagonis cerita. Sederhananya, Mushoku Tensei hanyalah serial biasa.” ucapnya pada pada salah satu video terbarunya. Setelah itu ia meminta pengikutnya untuk melaporkan serial tersebut hingga menyebabkan platform mengambil tindakan untuk menghapus Mushoku Tensei dari daftar karena tidak ada pilihan lain, sambil menunggu kontroversi mereda dan kemudian dibuat keputusan yang lebih tepat.

Setelah keadaan tenang, akhirnya pada hari ini Bilibili mengeluarkan sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa sanksi telah diberikan kepada Lex Burner. Penyataan itu menyebutkan “Lex Burner secara konsisten membuat boikot yang tidak pantas saat melakukan livestreaming, menghasut pengikutnya untuk menyerang pihak ketiga, pelecehan terhadap pengguna lain dan kekayaan intelektual lainnya, hingga menyebabkan kontroversi. Sebagai pengguna dengan jutaan pengikut, itu dianggap tidak mewakili standar platform kami. Oleh karena itu, kami telah menetapkan bahwa Anda telah melanggar ketentuan penggunaan Bilibili, dan akan dijatuhkan sanksi sebagai berikut”:

  • Bilibili, sebagai perusahaan, akan mengambil tindakan hukum terkait perilaku tidak pantas Lex Burner dan pelanggaran ketentuan kontraknya.
  • Sebelum komisi yudisial, semua bayaran akan ditangguhkan dari platform.
  • Penghargaan yang diberikan atas kinerjanya di tahun 2020 akan ditarik.
  • Partisipasi Anda dalam “Program Insentif Kreator” telah dibatalkan, jadi Anda tidak akan menerima remunerasi/pendapatan finansial mulai sekarang.

Serial ini ditayangkan sejak 10 Januari lalu dengan memiliki total 23 episode yang dibagi menjadi 2 cour. Studio Bind memang khusus didirikan untuk adaptasi anime ini sebagai hasil kerja sama antara studio White Fox dan perusahaan produksi Egg Firm. Alasan pendiriannya adalah perlunya prosedur untuk perencanaan sistem yang sempurna, jangka panjang, dan sistematis dari adaptasi animasi Mushoku Tensei Jobless Reincarnation.

Rifujin na Magonote mulai menerbitkan Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Desu melalui layanan independen Shousetsuka ni Narou pada November 2012 dan mengakhirinya pada April 2015. Penerbit Media Factory mulai merilis versi cetak dengan ilustrasi buatan SiroTaka pada Januari 2014. Kemdian, volume kedua puluh empat diterbitkan pada 25 Desember.

Source

BiliBili



Share.