Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Dihapus Dari Platform Streaming China Setelah Menuai Kontroversi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Hari ini, diumumkan bahwa platform streaming China, BiliBili telah menghapus semua daftar episode dari anime Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation. Dengan begitu, episode selanjutnya yang disiarkan hari ini di TV Jepang tidak bisa lagi dunggah ke platform tersebut. Mereka juga mengeluarkan sebuah pernyataan “karena masalah teknis, kami terpaksa menghapus serial ini hingga batas waktu yang belum ditentukan.”

Namun, beberapa penggemar dari Weibo, Twitter, Line, dan Baidu beranggapan bahwa penghapusan serial tersebut karena influencer China bernama Lex Burner dan pengikutnya mengkritik anime tersebut. Ini dibuktikan ketika ia melontarkan komentar yang cukup keras terhadap serial itu. Dalam satu videonya, influecer menyebutkan: “Ini adalah anime yang hanya disukai orang miskin karena mereka merasa diidentikkan dengan protagonis cerita. Sederhananya, Mushoku Tensei hanyalah serial biasa saja.”

Setelah komentar ini menjadi viral, banyak pengikut Lex Burner menyalahgunakan opsi yang ditawarkan pada platform untuk melaporkan Mushoku Tensei sebagai anime berkualitas rendah. Dihadapkan dengan ribuan keluhan, platform tidak memiliki pilihan lain selain menarik seri tersebut hingga waktu yang belum ditentukan, sambil menunggu kontroversi mereda dan kemudian dibuat keputusan yang lebih tepat.

Tentu saja, sebagian penggemar yang merasa direndahkan kemudian menyerang influencer dengan menyebutkan kalau kritikannya terhadap anime ini terlalu dilebih-lebihkan. Penonton maupun produser serial ini sebenarnya tidak bersalah atas keberadaan mereka. Sejatinya, “Lex Burner hanya mencari sensasi dengan menemukan bagian dari anime yang terlihat buruk, demi menghasilkan uang.” ungkap salah satu penggemar dengan pemikiran berkualitas.

Serial ini ditayangkan sejak 10 Januari lalu dengan memiliki total 23 episode yang dibagi menjadi 2 cour. Studio Bind memang khusus didirikan untuk adaptasi anime ini sebagai hasil kerja sama antara studio White Fox dan perusahaan produksi Egg Firm. Alasan pendiriannya adalah perlunya prosedur untuk perencanaan sistem yang sempurna, jangka panjang, dan sistematis dari adaptasi animasi Mushoku Tensei Jobless Reincarnation.

Rifujin na Magonote mulai menerbitkan Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Desu melalui layanan independen Shousetsuka ni Narou pada November 2012 dan mengakhirinya pada April 2015. Penerbit Media Factory mulai merilis versi cetak dengan ilustrasi buatan SiroTaka pada Januari 2014. Kemdian, volume kedua puluh empat diterbitkan pada 25 Desember.



Share.