One Piece: Nika Asli Adalah Seorang Wanita!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Sosok Nika asli dalam alur cerita One Piece kemungkinan adalah seorang wanita berdasarkan petunjuk yang ada. Semenjak diperkenalkan dalam arc Wano, sosok Nika sudah jadi karakter penting dalam alur cerita One Piece. Pasalnya, karakternya sendiri memiliki koneksi dengan masa lalu dari One Piece. Namun, terdapat sebuah teori yang menarik yang menyebutkan jika ada kemungkinan sosok Nika asli sebelumnya adalah seorang perempuan.

Asal-Usul Nika

Pertama kali disebutkan di chapter 1018, Nika merupakan sosok pejuang legendaris yang dianggap sebagai sosok dewa. Dia hidup berabad-abad lalu di dunia One Piece, yang mana menurut penuturan dari Who’s Who dia sempat dipuja sebagai dewa pada masa lalu. Sosok Nika terkenal memiliki peran penting terutama bagi para budak atau tawanan. Dia selalu membawa kebahagiaan dan tawa bagi mereka.

Namun, legenda tentang sosok Nika sepertinya lebih dari sekedar tawa dan kebahagiaan bagi orang-orang. Banyak orang-orang di masa lalu, khususnya budak dan tawanan, yang yakin bahwa Nika akan membebaskan mereka. Selain akan membebaskan semua budak dan tawanan, Nika juga dianggap akan melindungi mereka semua. Inilah yang kemudian mereka percaya yang mana menjadi awal mula Nika kemudian dipuja sebagai dewa.

Ras Buccaneer adalah contoh nyata dari hal ini. Dalam chapter 1095, diperlihatkan ketika Kuma dan sang ayah dipenjara dan jadi budak di Mary Geoise ayah dari Kuma memberi tahu tentang cerita legenda Nika yang sudah turun temurun diketahui oleh keturunan ras Buccaneer. Ayah Kuma pun sempat mengajarkan suara dari drum kebebasan Nika yang kemudian dia ajarkan juga kepada Jewelry Bonney sebelum dia ditangkap dan dirubah menjadi Pacifista.

Kepercayaan terhadap sosok Nika tersebut ternyata masih berlaku sampai sekarang, di mana Who’s Who sendiri sempat berdoa atau meyakini jika Nika akan muncul dan membebaskannya pasca apa yang terjadi. Bonney juga bahkan sejak diperkenalkan sosok Nika oleh kuma, dia selalu berharap untuk bisa bertemu dengan Nika. Dan dia pun membayangkan seperti apa sosok Nika.

Namun, yang menarik kemudian adalah di dunia One Piece sendiri sosok Nika merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan, khususnya oleh pihak World Government. Who’s Who sendiri mendengar cerita tentang sosok Nika dari penjaga yang ada di penjara. Dan yang menarik adalah pasca penjaga tersebut menceritakan tentang sosok Nika, dia kemudian menghilang.

Yang juga menarik adalah sebelumnya banyak yang menduga jika Nika dan Joy Boy adalah satu identitas yang sama. Namun, kemudian, hal ini terbukti tidak benar. Dalam chapter 1114 Vegapunk sempat menyinggung tentang Abad Kekosongan dan juga Joy Boy dalam siarannnya. Menurut penjelasan dari Vegapunk, Joy Boy merupakan seorang anak muda yang berasal dari 900 tahun yang lalu. Dia juga merupakan penduduk dari Ancient Kingdom dan memiliki sebuah kekuatan yang unik dan dahsyat di mana tubuhnya bisa memanjang atau elastis.

Nika Asli Adalah Wanita – Ke Halaman 2

Nika Asli Adalah Wanita

Meskipun akhirnya kita sudah mengetahui bahwa Joy Boy dan Nika bukan satu identitas yang sama, terdapat sebuah spekulasi menarik mengenai jenis kelamin Nika. Meskipun dalam berbagai siluet Nika diketahui sebagai seorang laki-laki, yang menarik adalah adaa kemungkinan bahwa hal itu tidaklah benar. Dalam hal ini, ada kemungkinan jika Nika yang asli adalah wanita.

Spekulasinya sendiri muncul berdasarkan beberapa petunjuk yang ada. Yang pertama adalah alkitab yang selalu Bartholomew Kuma bawa. Seperti yang Geeks ketahui, Kuma selalu membawa sebuah buku yang merupakan alkitab. Namun, kita tidak pernah diperlihatkan seperti apa isi dari alkitab tersebut. Meskipun begitu, dalam kials balik Bonney sendiri buku ini sempat muncul yang mana terdapat panel memperlihatkan jika alkitab tersebut berisi seperti halnya alkitab di dunia nyata.

Jika Geeks perhatikan di bagian sampul alkitab tersebut terdapat sebuah gambar yang menyerupai sosok dewi. Kemudian, di gambar latar belakang dewi tersebut adalah matahari. Hal tersebut seolah menunjukan bahwa gambar tersebut adalah Sun God Nika. Petunjuk yang kedua adalah sebutan untuk Mother Flame yang menjadi sumber kekuatan dari sosok Nika.

Teorinya juga menjelaskan bahwa spekulasi jika Nika adalah wanita bisa dibilang masuk akal. Pasalnya, dalam cerita alkitab orang atau manusia pertama yang memakan buah terlarang tidak lain adalah Eve atau Hawa yang mana dia merupakan seorang wanita. Jadi, kesimpulannya sendiri adalah meskipun Joy Boy memang adalah seorang laki-laki tetapi sosok Nika yang asli adalah wanita.

Joy Boy kemudian menjadi pemilik selanjutnya dari kekuatan Nika dengan kemampuannya untuk bisa memanjangkan anggota tubuhnya. Dan setelah Joy Boy tewas baru 800 tahun kemudian kekuatan tersebut bangkit lagi di tubuh Luffy. Yang menarik kemudian adalah teorinya juga menjelaskan jika Bonney akan menjadi penerus dari Luffy dengan kekuatan dahsyat miliknya tersebut.

Kekuatan Buah Iblis Bonney – Ke Halaman 3

Kekuatan Buah Iblis Bonney

Bonney dan sosok Nika memiliki koneksi yang mendalam. Ketika Kuma merawat Bonney sedari kecil dia sudah menceritakan banyak hal tentang sosok Nika. Bonney sendiri nampak sangat senang mendengar cerita tentang sosok Nika, yang mana bahkan dia mungkin tahu tentang seluruh sejarahnya. Sebelum perubahan drastis Kuma menjadi cyborg, Bonney sempat berharap jika Nika bisa membantu menemukan ayahnya dan membebaskannya dari penderitaan yang dia alami.

Inilah alasan mengapa kemudian sampai sekarang Bonney masih terus mencari keberadaan sosok Nika. Bonney sendiri tahu bahwa sosok Nika sudah menghilang selama 800 tahun. Tetapi, seperti ayahnya, Bonney yakin bahwa suatu saat Nika akan muncul. Pertemuannya dengan Luffy di pulau Egghead seolah mewujudkan mimpi terbesar dari Bonney untuk bertemu dengan Nika.

Ketika berbicara mengenai kemampuan buah iblis dari Bonney jawabannya sendiri cukup sederhana. Bonney bisa menggunakan kekuatan apapun yang bisa dia bayangkan atau imajinasikan dengan buah iblis tersebut. Dan jika melihat dari apa yang terjadi dalam chapter 1101 kemarin, rasanya masuk akal jika Bonney bisa berubah menjadi Nika atau berubah menjadi seperti Luffy yang menggunakan Gear 5.

Gear 5 sendiri merupakan salah satu kekuatan dahsyat yang bisa Bonney gunakan atau akses dari buah iblis Nika. Yang menarik adalah di chapter 1118 nampak bagaimana Bonney mampu untuk untuk menggunakan kekuatan Gear 5 bahkan berubah menjadi Nika setelah Luffy yang meyakinkan Bonney untuk menggunakan kekuatan dahsyat tersebut. Dan hal ini memunculkan beberapa hal.

Yang pertama adalah potensi kekuatan Bonney yang tanpa batas. Dengan Bonney mampu menggunakan Gear 5 artinya kekuatan Bonney menjadi tidak terbatas. Yang harus dia lakukan hanyalah menjadi kuat, yang mana hal ini akan terjadi pada masa yang akan datang. Bonney akan semakin kuat dan meningkatkan level kekuatannya. Salah satunya adalah bagaimana Bonney akan mampu mengendalikan kekuatan buah iblisnya.

Yang kedua adalah adanya kemungkinan Bonney menjadi penerus dari Luffy. Teorinya menyebutkan jika Luffy akan memilih Bonney sebagai penerusnya. Dalam cerita One Piece, Luffy memang adalah harapan dan contoh bagi banyak karakter seperti Momonosuke, Koby, dan Tama. Namun, untuk Bonney, kemungkinan Luffy akan menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Seperti halnya Shanks yang jadi penerus dari Roger, Bonney akan menjadi penerus dari Luffy. Dengan usianya yang masih kecil, Luffy mungkin akan mewujudkan impiannya untuk bisa pergi ke berbagai tempat-tempat yang eksotik dan luar biasa. Di sisi lain, dia juga akan menghadirkan kesempatan bagi Bonney untuk bisa jauh berkembang menjadi sosok yang lebih kuat.

Share.