7 Anime yang Tamat Lebih Cepat dari Manganya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Anime adalah animasi yang berasal dari Jepang. Biasanya anime diadaptasi dari manga yang sebelumnya telah rilis lebih dulu. Ketika sebuah manga mendapat ulasan positif, dan memiliki jumlah penggemar yang besar, animenya pun akan dibuat. Karena itulah biasanya anime akan rilis beberapa tahun kemudian setelah manganya publish, karena cerita di anime harus menunggu cerita yang dihadirkan di manganya. Tetapi ternyata nih Geeks, ada juga beberapa anime yang tamat lebih dulu  ketimbang manganya. Apa saja?

Deadman Wonderland

Deadman Wonderland adalah anime yang diadaptasi dari manga karya Jinsei Kataoka dan Kazuma Kondou. Ceritanya berpusat pada Ganta Igarashi, seorang siswa sekolah menengah yang hidupnya berubah drastis ketika seluruh kelasnya dibantai oleh sosok misterius yang dikenal sebagai “Red Man.” Ganta adalah satu-satunya yang selamat, tetapi dia dijebak atas pembantaian tersebut dan dijatuhi hukuman mati.

Dia dikirim ke Deadman Wonderland, sebuah penjara yang juga berfungsi sebagai taman hiburan, di mana para narapidana harus berpartisipasi dalam berbagai permainan berbahaya untuk hiburan publik. Di penjara tersebut, Ganta menemukan bahwa beberapa narapidana memiliki kekuatan supranatural yang dikenal sebagai “Branches of Sin,” yang memungkinkan mereka mengontrol darah mereka sebagai senjata.

Ganta sendiri ternyata memiliki kekuatan ini dan terlibat dalam pertempuran brutal melawan narapidana lainnya dalam permainan mematikan yang disebut “Carnival Corpse.” Animenya ditayangkan pada tahun 2011, tetapi hanya berakhir setelah 12 episode. Yap, anime ini tamat dengan mengabaikan sebagian besar alur cerita yang ada di manganya. Pasalnya anime tersebut tidak mendapatkan popularitas dan rating yang cukup untuk berlanjut.

Fairy Tail

Fairy Tail diadaptasi dari manga karya Hiro Mashima. Anime ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan Satelight, dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2009. Fairy Tail berpusat pada petualangan Natsu Dragneel, seorang penyihir api dan anggota dari guild penyihir terkenal, Fairy Tail. Natsu, bersama dengan kucing terbangnya yang bisa berbicara, Happy, bertualang untuk mencari ayah angkatnya, seorang naga bernama Igneel.

Dalam perjalanannya, Natsu bertemu dan berteman dengan Lucy Heartfilia, seorang penyihir yang bercita-cita menjadi anggota Fairy Tail. Bersama dengan anggota guild lainnya seperti Erza Scarlet, Gray Fullbuster, dan Wendy Marvell, mereka menghadapi berbagai misi berbahaya, melawan musuh yang kuat, dan mengungkap misteri besar yang melibatkan naga, sihir kuno, dan kekuatan gelap.

Anime ini menampilkan dunia yang penuh dengan sihir di mana guild penyihir melakukan berbagai misi untuk mendapatkan upah, namun juga terlibat dalam pertempuran epik untuk melindungi dunia dari ancaman yang lebih besar. Anime Fairy Tail berakhir pada tahun 2019. Namun animenya justru “mendahului” sekuel manga Fairy Tail: 100 Years Quest yang baru mulai dibuat pada tahun 2018. Animenya memang tidak mengadaptasi sekuel ini karena sudah memasuki musim terakhirnya ketika 100 Years Quest dimulai.

Btooom!

Btooom! adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga karya Junya Inoue. Ceritanya mengikuti Ryouta Sakamoto, seorang pemuda pengangguran yang merupakan pemain terbaik di dunia dalam permainan online berjudul “Btooom!” Kehidupan Ryouta berubah drastis ketika dia diculik dan terbangun di sebuah pulau terpencil. Di pulau tersebut, dia menemukan bahwa dia dan para peserta lainnya dipaksa untuk bermain versi nyata dari permainan “Btooom!”

Dalam permainan tersebut, mereka harus membunuh satu sama lain menggunakan berbagai jenis bom untuk bertahan hidup. Di tengah perjuangannya, Ryouta bertemu dengan berbagai karakter, termasuk Himiko, seorang gadis yang juga merupakan pemain “Btooom!” dan ternyata adalah istrinya dalam permainan online. Mereka berdua bekerja sama untuk bertahan hidup dan mencari cara untuk keluar dari pulau tersebut.

Sepanjang perjalanan, Ryouta harus mengatasi berbagai tantangan fisik dan mental sambil mengungkap konspirasi di balik permainan mematikan ini dan mencoba untuk tetap bertahan tanpa kehilangan kemanusiaannya. Anime Btooom! ditayangkan pada tahun 2012 tetapi tamat hanya dengan satu musim, sehingga sebagian besar cerita manganya tidak diadaptasi.

Gangsta

Gangsta adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga karya Kohske. Anime ini diproduksi oleh studio Manglobe dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2015. Gangsta berpusat pada kehidupan di kota Ergastalum yang penuh kekerasan dan kejahatan. Cerita ini mengikuti dua tokoh utama, Worick Arcangelo dan Nicolas Brown, yang bekerja sebagai “Handymen” – sejenis tentara bayaran yang menerima berbagai pekerjaan kotor yang tidak bisa diselesaikan oleh polisi atau geng.

Nicolas, yang dikenal sebagai “Nic,” adalah seorang Twilight, manusia dengan kekuatan fisik dan kemampuan bertarung yang ditingkatkan akibat penggunaan obat tertentu. Sementara itu, Worick adalah mantan anak bangsawan yang memiliki ingatan tajam. Bersama-sama, mereka bertahan di dunia kejam Ergastalum, menghadapi ancaman dari geng, polisi, dan konspirasi yang lebih besar.

Plot anime ini juga menyoroti karakter tambahan seperti Alex Benedetto, yang diselamatkan oleh Handymen dan kemudian bergabung dengan mereka. Anime ini berakhir setelah 12 episode dan tidak mencakup keseluruhan cerita yang ada di manganya, terutama karena studio animenya, Manglobe, mengajukan kebangkrutan tak lama setelah animenya ditayangkan.

Fruits Basket

Anime Fruits Basket pertama kali diadaptasi pada tahun 2001 oleh Studio Deen dan kemudian dibuat ulang oleh TMS Entertainment (versi yang lebih mirip manganya) yang ditayangkan dari tahun 2019 hingga 2021. Fruits Basket mengisahkan tentang seorang gadis yatim piatu bernama Tohru Honda yang setelah kehilangan ibunya, tinggal di sebuah tenda di hutan. Suatu hari, dia menemukan bahwa tanah tempat dia mendirikan tendanya adalah milik keluarga Soma yang kaya.

Keluarga Soma kemudian mengundang Tohru untuk tinggal bersama mereka di rumah mereka sebagai imbalan atas bantuannya. Namun, Tohru segera mengetahui rahasia besar keluarga Soma: beberapa anggota keluarga tersebut dikutuk untuk berubah menjadi hewan dari zodiak ketika mereka lemah atau dipeluk oleh lawan jenis. Dalam rumah keluarga Soma, Tohru bertemu dengan Yuki Soma (yang berubah menjadi tikus), Kyo Soma (yang berubah menjadi kucing), dan Shigure Soma (yang berubah menjadi anjing), serta anggota keluarga lainnya yang masing-masing memiliki kutukan mereka sendiri.

Seiring berjalannya waktu, Tohru mulai memahami kutukan ini dan dampaknya pada kehidupan anggota keluarga Soma. Nah untuk Fruit Basket versi yang rilis tahun 2001, anime tersebut hanya mencakup sebagian dari manganya saja dan tamat lebih dulu, sementara manganya masih terus begulir.

Gantz

Gantz adalah anime yang diadaptasi dari manga karya Hiroya Oku. Anime ini diproduksi oleh Gonzo dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2004. Gantz berpusat pada kisah Kei Kurono dan Masaru Kato, dua remaja yang meninggal dalam sebuah kecelakaan kereta dan mendapati diri mereka dibangkitkan dalam sebuah kamar misterius dengan bola hitam besar yang disebut Gantz. Di dalam kamar tersebut, mereka dan beberapa orang lain yang baru saja meninggal diberi tugas untuk memburu dan membunuh makhluk asing dengan menggunakan senjata dan peralatan canggih yang disediakan oleh Gantz.

Setiap misi berisiko tinggi dan penuh kekerasan, serta memberi poin kepada para peserta berdasarkan performa mereka. Setelah mencapai 100 poin, peserta memiliki opsi untuk dibebaskan atau membawa seseorang kembali dari kematian. Anime Gantz dikenal karena konten yang gelap, penuh kekerasan, dan sering kali kontroversial, dengan tema-tema seperti moralitas dan eksistensialisme.

Kei Kurono, yang awalnya egois dan sinis, berkembang sepanjang seri menjadi pemimpin yang peduli dan bertekad untuk melindungi orang-orang di sekitarnya. Anime Gantz sendiri berakhir setelah hanya 26 episode, tidak sepenuhnya mencakup seri manganya. Anime ini diakhiri dengan akhir yang orisinal. Dalam manganya, ceritanya terus berkembang bahkan jauh melampaui akhir dari anime, dengan berbagai misi dan alien baru yang terus diceritakan.

Blue Exorcist

Blue Exorcist alias Ao no Exorcist adalah seri anime yang diadaptasi dari manga karya Kazue Kato. Anime ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan pertama kali ditayangkan pada tahun 2011. Blue Exorcist berpusat pada Rin Okumura, seorang remaja yang tumbuh dalam asuhan seorang exorcist terkenal, Shiro Fujimoto. Kehidupan Rin berubah drastis ketika dia mengetahui bahwa dia adalah putra Satan, dan bahwa dia mewarisi kekuatan iblis.

Setelah kematian tragis Shiro, Rin memutuskan untuk menjadi exorcist agar bisa melawan Satan dan pasukan iblisnya. Bersama saudara kembarnya, Yukio, yang sudah menjadi exorcist, Rin mendaftar di True Cross Academy, sebuah sekolah khusus untuk melatih exorcist. Di True Cross Academy, Rin bertemu dengan teman-teman baru dan mentor yang membantunya mengasah kekuatannya serta mengendalikannya. Meskipun Rin adalah setengah iblis, dia bertekad untuk menggunakan kekuatannya untuk melindungi manusia dari ancaman iblis.

Cerita ini menggambarkan perjalanan Rin dalam menghadapi tantangan dari luar dan dalam dirinya sendiri, serta konflik dengan saudara kembarnya yang memiliki pandangan berbeda tentang warisan iblis mereka. Sama seperti anime yang lain, anime ini selesai sebelum manganya tamat. Anime ini memang menyimpang dari manga, sehingga menciptakan akhir yang original.

Itulah dia Geeks beberapa anime yang ternyata tamat lebih dulu ketimbang manganya. Di antara anime-anime tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Share.