One Piece: Vegapunk Jebak Gorosei!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Berdasarkan informasi One Piece chapter 1112 sebelum kematiannya Vegapunk kemungkinan siapkan rencana untuk jebak Gorosei. Luffy dan kru Topi Jerami serta para suku raksasa yang membantu mereka harus menghadapi tantangan besar dari Gorosei. Dan dari apa yang diketahui sejauh ini Gorosei memang menjadi lawan paling sulit yang pernah mereka hadapi. Yang menarik adalah muncul spekulasi yang menyebutkan jika sebelum kematiannya sebenarnya Vegapunk sudah buat rencana untuk jebak para Gorosei.

Rencana Vegapunk

vegapunk gorosei

Sebelum Vegapunk diduga tewas akibat serangan dari Kizaru dan juga Gorosei Saturn, dia nampak tersenyum di pelukan Sanji. Momen Vegapunk yang tersenyum sebelum kematiannya tersebut membuat para fans penasaran apa artinya. Sebagian menduga bahwa mungkin Vegapunk memiliki tekad D yang mana para karakter tersebut akan tersenyuim sebelum kematiannya.

Namun, ada juga spekulasi lainnya yang berkaitan dengan hal tersebut. Yang paling santer adalah bagaimana kemungkinan Vegapunk sudah memiliki rencana untuk bisa mengalahkan Gorosei atau sekedar menahan pergerakan Gorosei. Dalam artikel sebelumnya, sempat ada spekulasi jika Vegapunk sengaja menghadirkan siaran yang diperlihatkan ke seluruh dunia.

Kemungkinan tujuan utama Vegapunk melakukan siaran tayangan ke seluruh dunia adalah untuk mengungkap identitas rahasia Gorosei. Seperti yang Catarina Devon ungkapkan sangat jarang sekali Gorosei muncul ke permukaan. Saturn juga sempat menyebutkan bahwa sudah lama sekali dia tidak berada di sebuah tempat dan muncul ke permukaan. Ini juga yang kemudian jadi alasan mengapa kemudian tidak banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan Gorosei.

Namun, selain hendak mengungkapkan identitas rahasia dari Gorosei, Vegapunk kemungkinan memiliki rencana lain untuk bisa mengalahkan mereka. Vegapunk sadar bahwa level kekuatan dari para Gorosei akan sulit untuk tertandingi oleh siapapun. Inilah yang kemudian menjadi alasan sang ilmuwan tersebut mencari cara untuk bisa mengalahkan mereka atau sekedar menahan kemampuan Gorosei.

Petunjuk mengenai hal ini muncul di akhir chapter 1112. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Saint Mars tiba di sebuah ruangan gelap untuk mencari sumber siaran Vegapunk. York menyebutkan jika Vegapunk mengembangkan Den Den Mushi baru dan Saint Mars kemudian berhasil menemukan tempat yang dianggap sebagai sumber dari siarannya. Namun, kejutan muncul saat dia berada di sana.

Saint Marcus kemudian melihat ke arah atas bangunan dan nampak ekspresi Saint Marcus Mars begitu serius. Yang juga menarik adalah terdapat suara efek yang biasa digunakan dalam manga atau anime untuk mendeskripsikan cairan atau gelembung. Inilah yang kemudian memunculkan teori lain mengenai rencana jebakan dari Vegapunk. Selain mengungkap identitas asli Gorosei, dia juga sepertinya hendak melemahkan kekuatan Gorosei.

Ke Halaman 2

Cara Lemahkan Gorosei

vegapunk gorosei

Lalu, bagaimana kemudian cara Vegapunk melemahkan para Gorosei ketika Gear 5 milik Luffy sendiri tidak mampu untuk menandingi kekuatan mereka? Jawabannya adalah Bubble Gun hasil ciptaan Vegapunk. Geeks mungkin ingat mengenai berbagai ciptaan epik dari Vegapunk yang muncul di pulau Egghead. Namun, satu ciptaan yang menarik adalah sebuah senjata yang bernama Bubble Gun.

Dalam chapter 1077 kemarin, kita melihat kelanjutan cerita dari berbagai kelompok kecil yang memiliki misi mencari keberadaan Vegapunk asli. Salah satu kelompok tersebut berisi Lillith, Usopp, dan Franky. Mereka juga jadi salah satu korban yang diserang oleh Seraphim. Kelompok Usopp tersebut diperlihatkan harus menghadapi S-Snake, Seraphim yang mirip dengan sosok Boa Hancock.

Di chapter sebelumnya, mereka nampak kewalahan menghadapi S-Snake. Namun, di chapter 1077, Lillith kemudian menggunakan sebuah senjata canggih buatan Vegapunk untuk menghadapi Seraphim tersebut yaitu Bubble Gun. Senjata Bubble Gun sendiri memiliki bentuk yang unik di mana bentuknya lebih mirip sebuah tongkat dengan ujung seperti alat musik terompet.

Bubble Gun tidak menembakan peluru, melainkan mengeluarkan gelembung berukuran besar. Meskipun nampak seperti gelembung biasa, namun ternyata ada yang spesial dari gelembung yang dikeluarkan dari Bubble Gun. Gelembung berukuran besar tersebut memiliki “energi laut” atau dengan kata lain terdapat energi batu laut di dalam gelembung yang dikeluarkan oleh Bubble Gun.

Seperti yang Geeks ketahui, energi laut atau energi batu laut mampu untuk menetralkan kekuatan buah iblis. Ini juga yang terjadi ketika Lillith dan yang lain menggunakannya untuk menetralkan kekuatan Seraphim S-Snake. Dengan gelembung tersebut Seraphim itu nampak sama sekali tidak berdaya. Yang menarik adalah penggunanya hanya perlu menyentuhkan gelembung raksasa tersebut dengan targetnya.

Ketika kemudian targetnya tersentuh atau terkena gelembung tersebut kekuatan buah iblis mereka akan netral meskipun untuk sementara. Semakin gelembung tersebut ditekan ke tubuh target atau pengguna buah iblis, maka kekuatannya akan semakin melemah seperti yang diperlihatkan oleh S-Snake yang tidak bisa bergerak ketika gelembungnya ditekan dengan kuat ke tubuhnya.

Inilah alasan mengapa kemudian Bubble Gun menjadi senjata anti buah iblis yang sangat dahsyat dan luar biasa ketika digunakan dalam sebuah pertarungan. Bahkan, senjata ini juga mampu memberikan dampak signifikan dalam pertarungan tersebut seperti yang diperlihatkn saat menghadapi S-Snake. Teknologi batu laut sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Vegapunk untuk digunakan sebagai borgol bagi para tawanan angkatan laut.

Lalu, bagaimana Vegapunk gunakan Bubble Gun kepada Gorosei? Karena, Vegapunk tidak akan mungkin untuk bertarung secara langsung dengan mereka artinya perlu taktik untuk menjalankan rencana ini. Apa yang diperlihatkan di manga One Piece chapter 1112, di mana Saint Mars pergi ke ruangan gelap, kemungkinan jadi salah satu cara Vegapunk jebak Gorosei.

Dengan menjebak Saint Mars dengan Bubble Gun, di mana hal tersebut akan melemahkan kekuatannya, artinya Luffy dan yang lain hanya tinggal mengalahkan empat lainnya. Namun, Vegapunk juga sepertinya sudah memikirkan hal tersebut di mana bisa jadi dia sudah menghadirkan rencana lain untuk menetralkan kekuatan dari para Gorosei lainnya.

Ke Halaman 3

Upaya Terakhir Vegapunk

vegapunk gorosei

Seperti yang diperlihatkan di chapter 1078, ada dua hal yang menjadi alasan mengapa kemudian pihak World Government mengerahkan kekuatan besar untuk menghancurkan pulau Egghead. Serta, mereka melakukan hal tersebut untuk menghabisi nyawa dari Vegapunk. Pertama, Vegapunk berhasil mengetahui rahasia besar yang selama ini disembunyikan oleh World Government.

Vegapunk diketahui bahkan berhasil mengungkap atau mengetahui rahasia masa lalu jauh lebih banyak dari apa yang ditemukan oleh para cendikiawan Ohara. Kedua, sistem pertahanan di pulau Egghead cukup masif yang mana membuat World Government tidak ingin gegabah dan lebih memilih mengerahkan kekuatan dalam jumlah besar. Di chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Vegapunk sadar bahwa dia akan mati.

Vegapunk kemungkinan sadar bahwa apapun yang akan dia lakukan kemungkinan akan berakhir dengan satu hal, yaitu kematiannya. Kemunculan Luffy di pulau Egghead sebenarnya sempat memunculkan harapan bagi Vegapunk. Namun, ketika kemudian Gorosei turut campur dalam pertempuran tersebut akhirnya Vegapunk menyadari mengenai rencana awalnya.

Petunjuk paling jelas tentang Vegapunk yang sudah mempersiapkan semuanya demi menghentikan atau mengalahkan Gorosei adalah perkataan dari Stussy di chapter 1112. Dalam chapter ini, Kaku yang sudah sadar bertanya kepada Stussy mengapa dia ada di sana. Dia sempat juga bertanya apakah kru Topi Jerami sudah mengkhianatinya seperti dia mengkhianati pihak CP0.

Namun, Stussy sendiri menjelaskan bahwa dia hanya menjalankan tugas terakhirnya yaitu menghancurkan Frontier Dome dan membantu kru Topi Jerami kabur. Ini artinya Vegapunk sudah mempersiapkan rencana besar pasca dia mengetahui jika waktunya tidak lagi banyak. Dia meminta bantuan Stussy untuk melindungi sosok yang dianggap penting bagi masa depan dunia, yaitu Luffy.

Di sisi lain, Vegapunk juga kemungkinan sudah mempersiapkan rencana lainnya untuk melancarkan semua itu. Salah satunya adalah dengan membuat para Gorosei lemah dan menjebak mereka agar kru Topi Jerami bisa kabur. Caranya? Tidak lain dengan menggunakan Bubble Gun tersebut yang bisa menetralkan kekuatan dari Gorosei. Sebenarnya, kita masih belum tahu apakah kekuatan Gorosei memang berasal dari buah iblis.

Eiichiro Oda sebelumnya hanya mengungkapkan nama Yokai dari para Gorosei, namun tidak memberikan informasi apakah mereka memang memiliki kekuatan buah iblis. Banyak yang juga menduga bahwa kekuatan mereka bukan berasal dari buah iblis melainkan kekuatan lain. Terlepas dari hal tersebut bagaimana Bubble Gun memiliki teknologi batu laut bisa membantu untuk menetralkan kekuatan Gorosei. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang terjadi kepada Gorosei pada chapter yang akan datang.

Share.