6 Rekomendasi Manhwa Bertema Exorcist!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Alur cerita bertema exorcist atau pembersihan dari makhluk halus ternyata bukan terjadi di film saja melainkan juga di Manhwa. Narasi dengan elemen supranatural merupakan sesuatu hal yang lumah atau umum muncul dalam alur cerita Manhwa. Namun, tidak banyak judul Manhwa yang menghadirkan tema Exorcist atau pembersihan makhluk supranatural. Berikut adalah rekomendasi Manhwa bertema exorcist.

Cradle Of Imae

rekomendasi manhwa bertema exorcist

Rekomendasi Manhwa bertema exorcist yang pertama adalah Cradle of Imae. Bersetting di sebuah dunia yang sudah hancur dan kacau balau setelah para iblis dan monster menyerang, seorang karakter bernama Ryujing benar-benar muak dan marah dengan iblis dan monster tersebut. Pasalnya, makhluk mengerikan tersebut sudah mengambil semua orang yang dekat dengannya.

Untuk mengahdapi para iblis dan juga monster di dunia tersebut Ryujing kemudian pergi menuju Exorcism Academy. Di sana, dia bertemu dengan beberapa orang baru. Namun, seolah menjadi takdir kemunculan Ryujin di Exorcism Academy membuatnya bertemu dengan sosok misterous bernama Imae. Pertemuan tersebut membuat hubungan antara Ryujin dan Imae.

Meskipun elemen cerita tentang exorcism dari judul Manhwa ini memang begitu kental, namun Cradle of Imae memang merupakan salah satu Manhwa yang bergenre Boys Love. Sehingga, tidak mengherankan dalam ceritanya kita juga akan menghadirkan hubungan dari kedua karakter utama. Namun, selain tema tentang exorcist Manhwa ini juga menghadirkan tema dewasa lain seperti trauma dan penyiksaan.

Shingi: The Spirit’s Playbook

rekomendasi manhwa bertema exorcist

Shingi: The Spirit’s Playbook merupakan Manhwa yang rilis pada November 2021 dan masih ongoing. Ceritanya sendiri merupakan hasil kreasi dari BBing dan Min A. Shingi: The Spirit’s Playbook menghadirkan cerita yang sedikit unik dari Manhwa bertema exorcist lainnya. Ceritanya sendiri berfokus pada dua sosok karakter, yaitu Jumbeom dan Jina. Suatu hari, Jumbeom pergi menemui Jina.

Jina sendiri merupakan ahli pengusiran makhluk supranatural yang mampu menangkap monster mistis bernama ‘Shingi.’ Jina pun kemudian memberikan Jumbeom sebuah bel yang bisa menjadi jimat untuk melindunginya dari serangan Shingi. Namun, tanpa diduga justru bel yang diberikan Jina untuk menjadi jimat pelindung tersebut malah merubahnya menjadi sosok monster Shingi tersebut.

Mereka berdua kemudian berusaha untuk mengembalikan Jumbeom seperti semula. Keduanya berusaha untuk mencari orang yang sudah menjual bel pelindung tersebut kepada Jina, yang saat ini sudah menghilang. Meskipun menjadi salah satu Manhwa supranatiral yang menghadirkan cerita tentang exorsist dan monster, namun dalam ceritanya tetap ada elemen komedi yang bisa membuat pembacanya terhibur.

Sin Flower

Bisa dibilang Manhwa satu ini merupakan yang paling kontroversial dari semuanya di mana ceritanya menghadirkan hal tentang Geraja Katolik. Sin Flower ditulis dan diilustrasikan oleh Taffy dan dirilis pada Desember 2021. Seriesnya juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dirilis untuk versi Amerika. Sin Flower menghadirkan cerita yang berfokus pada Haesoo dan Dojin.

Dojin sendiri harus kehilangan orang tuanya akibat sosok iblis jahat dan akhirnya Haesoo yang merawatnya. Keduanya kemudian tumbuh menjadi ahli exorcist Kristiani dan sudah menjadi tugasnya sehari-hari untuk kemudian menghadapi berbagai jenis iblis yang ada. Namun, bagi Haesoo yang kemudian dia harus hadapi dalam kesehariannya ternyata bukan hanya sosok iblis mengerikan.

Sebagai salah satu Manhwa yang menghadirkan elemen Yaoi atau Boys Love lainnya, Sin Flower juga memperlihatkan cerita bagaimana Haesoo mencoba menahan perasaan yang begitu besar terhadap Dojin. Setiap hari, Dojin diperlihatkan selalu menemani dan menjadi asisten dari Haesoo ketika melakukan aksi exorcist. Ternyata, ada banyak rahasia mengerikan dan rahasia kelam lainnya baik yang disembunyikan oleh Haesoo ataupun juga Gereja tersebut.

Hong Do

rekomendasi manhwa bertema exorcist

Rekomendasi Manhwa bertema exorcist selanjutnya adalah Hong Do. Bersetting di sebuah dunia di mana para hantu dan makhluk misterius dan monster berkuasa, dunia benar-benar terlihat sangat kacau dan mengerikan. Namun, di tengah-tengah dunia tersebut terdapat seorang ahli exorcist yang sangat kuat. Dia pun kemudian menemukan seorang anak yang ternyata bukanlah sosok sembarangan.

Anak tersebut ternyata merupakan pemilik dari kekuatan spiritual yang sangat luar biasa. Hal tersebut membuat kedua sosok tersebut menjadi ahli pengusir makhluk buas dan mengerikan yang paling kuat dan tidak ada tandingannya. Hong Do rilis pada 2014 kemarin dan sudah memiliki 132 chapter. Manhwa hasil karya S_Owl ini selain menghadirkan cerita tentang exorcist juga ada hal lainnya yang bisa membuat para pembaca betah.

The Soul Guardians

The Soul Guardians merupakan sebuah Manhwa yang juga tidak kalah menarik dan juga unik. Pasalnya, ini menjadi sebuah cerita yang menjadi tempat melebutkan berbagai teologi berbagai agama berbeda. Alur cerita The Soul Guardians berfokus pada tiga orang ahli pengusiran makhluk halus atau ahli exorcist. Mereka bertiga berasal dari tiga kepercayaan atau agama yang berbeda.

Ketiga ahli excorsit tersebut juga memiliki cara dan metode yang berbeda. Kita akan melihat seni Tai Chi kuno dari China, exorcisme dari agam kristen, dan juga berbagai hal tentang tradisi agama Buddha. Ketiga metode atau cara exorcism tersebut kemudian bergabung menjadi satu. Inilah yang kemudian membuat The Soul Guardians jadi rekomendasi salah satu Manhwa bertema exorcist.

The Soul Guardians juga menghadirkan fokus cerita yang tidak sedikit terhadap unsur aksi, di mana para pembaca akan diperlihatkan momen menarik dan epik dari ketiga ahli exorcist tersebut bekerja sama untuk menghadapi para makhluk jahat, iblis, dan juga monster. Bergabungnya berbagai kepercayaan dan ideologi dalam satu cerita mernjadi salah satu twist yang baru.

The Black June

rekomendasi manhwa bertema exorcist

Rekomendasi Manhwa yang menghadirkan tema exorcist yang terakhir adalah The Black June. Manhwa satu ini benar-benar dianggap menjadi contoh yang utama dari cerita horor supranatural. Pasalnya, semua hal yang berkaitan dalam judul Manhwa ini adalah pembunuh misterius yang penuh elemen paranormal. Namun, dari semua hal yang terjadi dalam ceritanya berujung pada satu sosok yaitu Lucifer.

The Black June menghadirkan sebuah cerita yang berfokus pada sosok Phillip. Dia merupakan seorang ahli pengusiran makhluk halus. Namun, sebenarnya, dia bukanlah sosok yang biasa. Phillip ternyata memiliki hubungan yang mendalam dengan sosok iblis Lucifer tersebut. Meskipun begitu, Phillip memiliki tekad untuk menghentikan semua kejahatan dan hal mengerikan yang dilakukan Lucifer.

Selain juga menghadirkan tema tentang excorsim dan ritual pembersihan makhluk halus, The Black June diketahul menghadirkan berbagai panel yang kelam dan brutal serta eksplisit. Tidak jarang juga panel-panel dari Manhwa karya Doxx ini terlihat menyeramkan. Tidak jarang The Black June akan membuat pembacanya tidak nyaman mengingat ceritanya menghadirkan elemen horor religi. Terlepas dari hal tersebut, Geeks yang senang dengan horor supranatural bisa terpuaskan dengan seriesnya.

Manhwa memang sudah tidak asing dengan cerita horor supranatural, yang mana tidak mengherankan juga jika ada cerita yang bertema exorcist atau exorcism. Meskipun begitu, harus diakui bahwa berbagai judul Manhwa exorcist ini juga banyak menghadirkan elemen lain dalam ceritanya.

Share.