5 Anime Populer yang Direboot!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Anime reboot adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produksi ulang dari sebuah series anime yang sebelumnya telah ada. Reboot anime dapat terjadi ketika sebuah series anime ingin dihidupkan kembali dengan cerita atau karakter yang telah ada sebelumnya dengan pendekatan yang baru, mungkin dengan menyesuaikan plot, desain karakter, atau gaya animasi untuk menarik kembali penggemar yang sudah ada dan menarik generasi baru penonton. Nah ternyata ada beberapa anime populer yang pernah direboot. Apa saja?

Devilman

Devilman diadaptasi dari manga berjudul sama yang ditulis oleh Go Nagai. Manga ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1972. Untuk animenya sendiri, diproduksi oleh Studio Mappa dan disutradarai oleh Masaaki Yuasa, yang terkenal dengan gaya animasinya yang unik dan eksperimental. Devilman mengikuti kisah Akira Fudo, seorang remaja biasa yang terlibat dalam konflik antara manusia dan iblis.

Ketika sahabatnya, Ryo Asuka, mengungkapkan kepadanya tentang keberadaan iblis yang bersembunyi di antara manusia, Akira dengan enggan menerima kekuatan iblis untuk melawan mereka. Namun setelah bergabung dengan iblis Amon dan menjadi Devilman, Akira harus berurusan dengan konsekuensi dari keputusannya tersebut. Dia harus berjuang untuk menjaga keseimbangan antara sisi manusianya dan sifat iblis yang kuat, sambil menghadapi ketakutan dari masyarakat.

Sementara itu, dunia terus terperosok ke dalam kekacauan dan kehancuran karena pertempuran antara manusia dan iblis semakin memanas. Menariknya di tahun 2018, Netflix membuat series reboot Devilman yang berjudul Devilman Crybaby. Anime tersebut sukses besar, dan mendapat sambutan positif.

Fate/Stay Night

Fate/Stay Night didasarkan pada novel dengan judul sama yang dikembangkan oleh Type-Moon. Novel aslinya memiliki tiga cerita utama: Fate, Unlimited Blade Works, dan Heaven’s Feel. Setiap alur cerita menampilkan cerita yang berbeda dengan fokus pada karakter utama yang berbeda pula. Anime Fate/Stay Night dirilis pada tahun 2006, tetapi beberapa tahun kemudian tepatnya di tahun 2010, animenya mendapatkan reboot.

Fate/Stay Night mengambil latar di kota Fuyuki, Jepang, yang terdapat sebuah pertempuran misterius yang dikenal sebagai Holy Grail War. Dalam pertempuran ini, tujuh penyihir yang dipilih, yang dikenal sebagai Masters, bertarung untuk memperebutkan Holy Grail, sebuah artefak magis yang dikabarkan dapat memberikan keinginan apapun kepada pemiliknya.

Setiap Master memiliki pendamping yang dikenal sebagai Servant, yang merupakan pahlawan atau legenda dari masa lalu yang dipanggil dari dunia lain dan diberi bentuk fisik yang nyata. Pada tahun ini, protagonis utama Shirou Emiya secara tidak sengaja terlibat dalam pertempuran ini setelah dia secara tidak sengaja memanggil Servant Saber. Bersama Saber, Shirou harus menghadapi Masters dan Servants lainnya yang kuat, sambil menemukan alasan dan tujuannya sendiri dalam pertempuran ini.

Casshan

Casshan sangat populer ketika animenya dirilis di tahun 70-an. Casshan mengisahkan tentang dunia yang hancur oleh perang dan diselamatkan oleh seorang ilmuwan jenius yang menciptakan robot dengan kecerdasan buatan. Namun robot-robot ini akhirnya memberontak melawan manusia, menyebabkan kehancuran lebih lanjut. Tetsuya Azuma adalah seorang pemuda yang mengalami tragedi ketika ayahnya, Dr. Azuma, mengungkapkan rencana jahatnya kepada dunia.

Dalam upaya untuk menghentikan ayahnya, Tetsuya mengalami perubahan fisik yang membuatnya menjadi manusia setengah robot yang dikenal sebagai Casshan. Dengan kekuatan baru dan tekad untuk melawan kejahatan ayahnya, Casshan melawan robot-robot jahat yang mengancam umat manusia. Di tengah pertempuran, Casshan juga bertemu dengan teman-teman setia dan musuh-musuh berbahaya.

Nah pada tahun 2008, sebuah reboot Casshan dirilis, dengan judul Casshern Sins. Namun ada perbedaan cerita yang dihadirkan, di mana dalam versi reboot, ceritanya berfokus kepada android pembunuh yang berusaha menghancurkan umat manusia. Meski ada beberapa perubahan, tetapi ceritanya tetap menarik untuk kita simak.

Fruits Basket

Fruits Basket awalnya adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Natsuki Takaya. Manganya sendiri diterbitkan dari tahun 1998 hingga 2006. Kemudian, manga ini diadaptasi menjadi sebuah anime pada tahun 2001, dan mendapatkan versi rebootnya pada tahun 2019. Anime ini memang sangat populer dan memiliki cerita yang menarik untuk kita simak.

Anime ini menceritakan Tohru Honda, seorang gadis sekolah menengah yang kehilangan ibunya dalam kecelakaan mobil dan tidak memiliki tempat tinggal. Untuk sementara waktu, dia tinggal di tenda di tanah keluarga Souma, tetapi kemudian diperbolehkan tinggal bersama keluarga Souma yang besar dan unik. Namun Tohru segera menemukan bahwa keluarga Souma memiliki rahasia yang mengejutkan.

Beberapa anggota keluarga dipengaruhi oleh kutukan zodiak Cina, yang menyebabkan mereka berubah menjadi binatang zodiak jika disentuh oleh lawan jenis atau merasa lemah. Sementara Tohru berusaha memahami dan merawat keluarga Souma, dia juga menemukan hubungan yang mendalam dengan berbagai anggota keluarga, termasuk Yuki, Kyo, dan Shigure Souma.

Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist adalah anime populer yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang ditulis oleh Hiromu Arakawa. Manga ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2001 dan menjadi sangat populer di Jepang maupun di luar negeri. Anime ini diproduksi oleh studio Bones dan pertama kali dirilis pada tahun 2003. Nah versi reboot yang lebih akurat dengan manganya sendiri dirilis pada tahun 2009 dengan judul Fullmetal Alchemist: Brotherhood.

Fullmetal Alchemist mengikuti petualangan dua saudara, Edward dan Alphonse Elric, yang berusaha memulihkan tubuh mereka yang rusak akibat percobaan alkimia yang berbahaya. Kedua saudara tersebut kehilangan bagian tubuh mereka saat mencoba membangkitkan ibu mereka yang meninggal kembali menggunakan alkimia.

Edward, yang dikenal sebagai Fullmetal Alchemist karena anggota badannya yang terbuat dari logam, dan Alphonse, yang rohnya diikat ke baju besi setelah kehilangan seluruh tubuhnya, melakukan perjalanan untuk mencari sebuah artefak alkimia yang konon dapat memulihkan tubuh mereka. Sementara mencari artefak tersebut, Edward dan Alphonse terlibat dalam konflik yang melibatkan politik, perang, dan rahasia-rahasia kelam alkimia.

Itulah dia Geeks beberapa anime populer yang pernah direboot. Anime-anime tersebut menawarkan cerita yang menarik untuk kita simak, dan tentu saja banyak hal lainnya yang membuatnya menarik. Di antara anime-anime tersebut, mana yang pernah kalian tonton?

Share.