Ini Cara World Government Bentuk Dunia One Piece!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


World Government dianggap sebagai Tuhan di dunia One Piece karena mereka dianggap sebagai pihak yang menciptakan dan membentulk dunia One Piece. World Government merupakan pihak atau organisasi yang berkuasa di dunia One Piece. Kekuasaan mereka di cerita tersebut sangat absolut yang artinya tidak ada kekuatan lain yang sanggup menandingi. Mereka dianggap sebagai pencipta semua hal yang ada di dunia One Piece. Pertanyaanya kemudian bagaimana World Government membentuk dunia One Piece seperti sekarang?

Dunia Dalam Cerita One Piece

world government dunia one piece

Eiichiro Oda memang merupakan mangaka yang eksentrik dan terkenal sering memberikan kejutan atau twist dalam karyanya, yaitu One Piece. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi series One Piece, di mana para fans akan dibuat penasaran tentang apa yang terjadi selanjutnya dan juga apa yang sebenarnya terjadi. Para fans tidak akan pernah berhenti berspekulasi atau menelurkan berbagai teori yang unik dan menarik.

Salah satu yang menarik adalah tentang bagaimana dunia ini muncul dan bagaimana kemudian World Government menghadirkan semua hal yang kita ketahui sekarang. Dari apa yang kita ketahui sejauh ini, memang tidak ada catatan resmi atau informasi detil mengenai bagaimana situasi dunia One Piece dahulu. Sehingga sulit untuk mencari tahu informasi tentang apa yang terjadi pada masa lalu.

Dari berbagai referensi yang ada, misalnya kilas balik dalam arc Skypiea, dunia One Piece pada ribuan tahun lalu nampak hidup dengan damai. Hal ini terlihat bagaimana Mont Blanc Noland berhasil menjelajahi berbagai tempat, termasuk salah satunya adalah Shandora. Dia bahkan menjadi teman baik bagi leluhur dari Wyper dan penduduk pulau langit. Namun, saat dia kembali pulau tersebut menghilang.

Pasca petualangan Mont Blanc Noland, tidak ada lagi peristiwa penting yang muncul sampai kemudian perang besar antara Ancient Kingdom dan aliansi 20 kerajaan muncul. Pertempuran yang diketahui terjadi pada 800 tahun lalu ini menjadi kehancuran bagi kerajaan yang namanya masih misterius tersebut. Dan pasca kemenangan ini aliansi 20 kerajaan kemudian membentuk World Government.

Dan kemudian yang Oda hadirkan dalam ceritanya adalah pasca World Government terbentuk mereka kemudian membentuk dunia baru yang kita kenal saat ini. Mereka kemudian menghadirkan Mary Geoise yang ada di atas Red Line dan pindah ke sana, kecuali keluarga Nefertari. Dan semenjak saat itu, 19 keluarga pendiri World Government mendapatkan sebutan Celestial Dragon atau naga langit karena dianggap keturunan Tuhan yang menciptakan dunia di cerita One Piece.

Ke Halaman 2

World Government Ciptakan Dunia One Piece

world government dunia one piece

Pertanyaan besarnya kemudian bagaimana pihak World Government ciptakan dunia One Piece saat ini? Ada hal yang menarik yang muncul di ceritanya, yaitu nama dari istana tempat Im dan Gorosei tinggal yaitu istana Pangaea. Buat Geeks yang belum tahu tentang Pangaea, zaman dahulu seluruh daratan benua yang ada di bumi tidak seperti sekarang, yang terpisah oleh lautan dan samudera.

Sebaliknya, zaman dahulu seluruh daratan saling menyatu dan benua super besar tersebut disebut Pangaea. Gempa tektonik dan gejala alam lainnya kemudian mulai menarik perlahan benua menjauh seperti sekarang. Dalam cerita One Piece, momen World Government membentuk dunia ini kemungkinan terjadi saat Abad Kekosongan alias Void Century.

Dalam hal ini ada kemungkinan jika pulau-pulau yang ada di Grand Line dahulunya berada dalam satu daratan yang sama yang kemudian disebut Ancient Kingdom atau kerajaan kuno. Baru di akhir abad yang hilang, dunia kembali dibentuk oleh kelompok yang menyebut diri mereka World Governnent. Ada beberapa bukti kunci terkait masalah hal ini, mulai saat pertama kali diperkenalkan sampai saat ini.

Pertama, Cuaca di Grand Line. Rasanya aneh bahwa seluruh tempat yang ada di dunia One Piece memiliki cuaca yang normal dan semua pulaunya memiliki gaya magnet. Hal tersebut dikarenakan mereka semua berasal dari satu pulau yang sama. Kedua adalah Pluton. Pluton merupakan sebuah kapal perang yang mampu menghancurkan seluruh kepulauan. Sepertinya ini merupakan salah satu alasan mengapa Ancient Kingdom hancur. Ketiga adalah Oars.

Sesuai julukannya, “The Continent Puller” atau si penarik benua Oars kemungkinan adalah orang (atau monster) yang menarik pulau-pulau yang sudah hancur akibat Pluton. Bisa juga sebelum dihancurkan oleh Pluton. Lagipula, nama julukan tersebut sedikit aneh kecuali memang julukan tersebut benar adanya. Keempat adalah kaum naga langit, yang dalam ceritanya disebut sebagai para penerus dari pencipta dunia One Piece.

Sama seperti Oars, julukan ini sepertinya memang merupakan julukan yang benar terjadi, bahwa nenek moyang mereka merupakan pihak yang membentuk kembali dunia yang ada di One Piece saat Abad Kekosongan terjadi. Kelima tentunya adalah Pangaea, nama kastil di Mary Geoise. Kastil ini tepat berada di tengah-tengah Mary Geoise dan Mary Geoise sendiri tempat berada di tengah-tengah lautan.

Tentunya Oda Sensei tidak akan sembarangan memberi nama kastil ini. Semua yang terlibat dalam pembentukan kembali dunia One Piece, tinggal di kastil ini. Yang Keenam adalah informasi yang Vegapunk ungkapkan. Dalam siaran Vegapunk dia mengatakan bahwa dunia akan tenggelam. Hal ini memunculkan spekulasi di kalangan fans jika banyaka wilayah pada zaman dahulu yang tenggelam atau ditenggelamkan seperti Ancient Kingdom.

Ke Halaman 3

Dunia post-Apocalypse

world government dunia one piece

Berkaitan dengan World Government yang membentuk kembali dunia One Piece seolah sejalan dengan spekulasi fans yang lain. Dalam hal ini, sebagian fans berpendapat jika settinga dunia One Piece saat ini sebenarnya adalah pasca bencana besar atau post-apocalypse. Artinya, apa yang terjadi saat ini sebenarnya merupakan efek yang terjadi pada zaman sebelumnya.

Dalam spekulasinya ada penjelasan jika sebenarnya pada zaman dahulu dunia jauh lebih maju dari zaman sekarang. Semua teknologi dan hal modern yang ada sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, karena zaman tersebut yang membuat akhirnya semua teknologi terasa kuno dan semuanya terkejut saat menemukan teknologi baru. Dunia sebelumnya sudah sangat modern dan maju, sampai kemudian sebuah peristiwa membuat mereka kembali ke zaman lampau.

Hal ini pun sejalan dengan yang Vegapunk ungkapkan ketika dia menjelaskan pulua Egghead dan robot kuno kepada Luffy. Menurutnya, semua yang ada di pulau Egghead merupakan teknologi yang berasal dari 900 tahun lalu. Artinya, apa yang dianggap modern dan canggih pada zaman sekarang sebenarnya adalah hal yang lumah atau biasa pada zaman dahulu.

Pertanyaanya kemudian kapan momen dunia kembali ke zaman dahulu? Dunia One Piece mengalami perubahan pasca 20 kerajaan bergabung untuk kemudian menghancurkan Ancient Kingdom. Dan hal ini rasanya masuk akal mengingat World Government melarang siapapun untuk meneliti atau mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu. Mungkin ini adalah cara Im dan para World Government untuk tetap menjaga agar dunia berada dalam genggaman mereka.

Jika kemudian apa yang terjadi pada masa lalu terungkap, terutama tentang teknologi tersebut, maka seluruh dunia mungkin akan bergejolak. Jadi, intinya, Teknologi Ancient Kingdom memang pada dasarnya sudah sejak lama maju dan modern. Dan ini juga yang membuat mereka menjadi kerajaan yang besar. Di sisi lain, World Government coba untuk membangun kembali dunia sesuai yang mereka inginkan.

World Government menenggelamkann banyak sekali wilayah yang mana kemudian dunia One Piece terbagi menjadi empat Blues dengan Red Line yang ada di tengahnya. Pada Zaman dahulu semua menyatu dengan baik sebelum World Government menghancurkannya dan memecah serta memisahkan semua orang dengan Blues tersebut serta adanya Red Line.

Share.