Sony mengonfirmasi nama PlayStation 5, tanggal rilis 2020

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +


Sony telah mengkonfirmasi bahwa konsol generasi berikutnya akan disebut PlayStation 5, dan akan keluar tahun depan, diluncurkan tepat pada waktunya untuk “Liburan 2020.”

Perusahaan juga mengumumkan beberapa perubahan yang akan dilakukan pada controller di PS5. Yang paling utama di antara mereka adalah mengganti teknologi gemuruh yang telah digunakan Sony sejak PlayStation asli untuk teknologi umpan balik haptic baru yang dijanjikan akan menawarkan “jangkauan umpan balik yang lebih luas.”

Perubahan besar lain yang dibicarakan Sony hari ini adalah teknologi yang disebutnya “pemicu adaptif,” yang akan masuk pada pemicu utama R2 / L2 pada pengontrol PS5. Menurut Sony, pengembang akan dapat “memprogram resistensi pemicu,” memberikan contoh bahwa Anda akan dapat “merasakan” ketegangan yang meningkat saat Anda menarik busur atau memaksa Anda untuk menekan dengan tekanan ekstra jika Anda mengemudi melalui medan yang kasar. Kedengarannya sangat mirip dengan paten Microsoft dari awal tahun ini, yang merinci sistem pemicu yang sama untuk pengendali Xbox di masa depan. (Tidak jelas apakah Microsoft berencana untuk memasukkannya ke perangkat keras Project Scarlett generasi berikutnya.)

Wired mendapat pratinjau langsung dengan pengontrol prototipe PS5, yang menurut catatan tampak “sangat mirip dengan DualShock 4 PS4,” meskipun Sony belum mengkonfirmasi apakah ia akan menyebutnya DualShock 5 dulu. Wired juga mengkonfirmasi bahwa pengontrol PS5 pada akhirnya akan beralih ke USB-C serta perbaikan lainnya seperti baterai yang lebih besar dan speaker yang lebih baik.

Dalam sebuah wawancara dengan Wired, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan dan arsitek sistem PS5 Mark Cerny memberikan beberapa detail tambahan tentang perangkat keras yang akan datang. “Ada akselerasi ray-tracing di perangkat keras GPU,” kata Cerny, mengklarifikasi pengumuman asli perusahaan tentang dukungan ray-tracing dan menghilangkan kekhawatiran bahwa Sony mungkin menggunakan trik perangkat lunak untuk mengelolanya.

Share.